Selasa, 21 Juni 2011

Vaksinasi/suntik Meningitis, untuk apa??perlu gag Siihh..??


Apa itu penyakit Meningitis Meningokokus??

Adalah penyakit radang bakterial akut yang menyerang selaput otak.

Berbahayakah penyakit ini??
Penyakit Meningitis Meningokokus sangat berbahya, karena kematian akibat penyakit ini 8 - 15%, bahkan mereka yang sembuh 10 - 20% akan mengalami gejala sisa seperti hilangnya pendengaran, retardasi mental dan kelumpuhan tungkai.

Apa penyebabnya??
Penyebabnya adalah Neisseria Meningitidis.

Siapa saja yang dapat tertular penyakit ini??
Siapapun dapat tertular penyakit ini, resiko tertinggi terjadi pada bayi, kemudian menurun pada anak dan meningkat lagi pada dewasa muda.

Bagaimana cara penularannya??
Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung seperti melalui droplet (cairan yang keluar) dari hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi.

Dimana saja daerah endemis penyakit Miningitis Meningokokus??
Daerah sub-sahara, Eropa serta daerah Timur Tengah.

Berapa lama masa inkubasinya??
Masa inkubasinya bervariasi dari 20-10 hari, biasanya 3-4 hari.

Siapa saja yang paling beresiko terinfeksi penyakit ini??
Mereka yang melaksanakan ibadah haji atau umroh, TKI/TKW serta mereka yang melakukan perjalanan ke daerah endemis penyakit ini.

Apabila anda akan melakukan ibadah haji/umroh/bekerja didaerah endemis, apa yang harus anda lakukan agar terhindar dari penyakit ini??
Sebelum melakukan ibdah haji/umroh/bekerja minimal sepuluh hari sebelum keberangkatan pastikan anda telah divaksin/disuntik Meningitis.

Dimana anda mendapat pelayanan vaksinasi Meningitis sebelum berangkat ibadah haji atau umroh??
Anda dapat memperoleh pelayanan vaksinasi di Dinas Kesehatan setempat dengan dibuktikan oleh sertifikat vaksinasi yang dilegalisasi oleh kantor kesehatan pelabuhan, atau di kantor kesehatan pelabuhan setempat.

Note:
Khusus anda yang berada di kota Batam anda dapat mengunjungi kantor dinas kesehatan di pelabuhan batu ampar untuk mendapatkan vaksinasi Meningitis, sedangkan untuk anak dibawah umur harus melakukan imunisasi polio juga. untuk satu kali vaksinasi Meningitis anda dikenakan biaya Rp400.000,- sedangkan imunisasi polio sebesar Rp40.000,-. semoga sekilas informasi yang saya sampaikan bermanfaat, dan perjalanan ibadah maupun bekerja anda berjalan dengan lancar. Amin ya robbal alamin...:):)

1 komentar: